Minggu, 30 Desember 2012

-Kaleidoskop Berita Utama Radar Buton Tahun 2012 (1)

Geger Pembunuhan Berdarah di Kejari Baubau, Gratifikasi KPU Buton Mandek

Oleh: Irwansyah Amunu


SELAMA satu semester tahun 2012, periode Januari hingga Juni, jazirah Buton Raya dikejutkan dengan kasus pembunuhan berdarah di Kantor Kejari Baubau. Awal tahun ini pula digelar PSU Buton, termasuk persiapan hajatan Pilwali Baubau. Yang fenomenal, Terminal Suplai BBM di Sulaa, megaproyek menelan anggaran hampir Rp 1 triliun diresmikan.   


JANUARI

6 Januari
-Kasus Gratifikasi KPU Buton
Jaksa Lapor KPK

    Kejaksaan Negeri Baubau telah memanggil dan memeriksa beberapa saksi dalam perkara gratifikasi di KPU Buton. "Sejak perkara ini ditingkatkan pada proses penyidikan tersangka sudah ada, tetapi belum waktunya untuk diungkap dipublik," tutur Kajari Baubau melalui Kasi Intel, Hijran Safar
    Kejaksaan juga kata Hijran, telah melayangkan surat pemberitahuan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar diketahui kalau perkara ini sementara ditangani kejaksaan sehingga dapat dipantau dan dikontrol. Surat tersebut dikirim ke KPK tersanggal 1 Desember 2011 lalu. "Kalau dalam perjalanannya dinilai atau dianggap lamban atau mandek, maka perkara ini dapat diambil alih pihak KPK untuk ditangani," jelasnya.
    Saksi H La Uku menandatangani Berita Acara Pemerksaan (BAP), Kamis (5/1).

8 Januari
Pengedar Narkoba Dibekuk
    Tiga orang pengedar narkoba berinisial TN, LS, dan YY dibekuk aparat Disres Narkoba Polda Sultra, Sabtu (7/1). Ketiganya dibekuk ditempat yang berbeda. Tersangka TN dibekuk di Pelabuhan Murhum, LS di Kantor Satlantas Polres Baubau, dan YY di kediamannya di Jl Ahmad Yani (tepatnya belakang Star One Bilyar).

9 Januari
Ridwan Zakariah Rombak Kabinet
-71 Pejabat Esolon Bergeser Posisi
    Janji Bupati Buton Utara Drs H Muh Ridwan Zakariah MSi, akan melakukan mutasi jabatan, akhirnya ditepati. Sebanyak 71 orang pejabat esolon II, III dan IV lingkup Pemkab Buton Utara bergeser posisi.

10 Januari
TSK Pembunuhan La Dongki Tewas Dibacok
-Kejadian Berlangsung Cepat di Kantor Kejari Baubau
    Masih dalam proses pemeriksaan tahap kedua, dua tersangka (TSK) pembunuhan La Dongki sudah harus menerima hukuman duluan sejumlah orang tidak dikenal. Tersangka Salim tewas, satunya lagi tersangka Risky kondisinya kritis setelah mendapat bacokan bertubi-tubi. Sementara Herdin salah seorang tersangka kasus lain juga terkena bacokan ditangannya.

29 Januari
-Walikota Amirul Tamim di Kilometer 9
Baubau Menembus Batas
    TAK terasa hari ini, tepat Walikota Amirul Tamim menakhodai Baubau selama sembilan tahun. Meminjam istilahnya Amirul di Kilometer (KM) 9, banyak hal yang telah dilakukan, namun ada pula beberapa catatan yang ia pesankan bagi pemimpin selanjutnya.


FEBRUARI

2 Februari
Ruang Pimpinan DPRD Disegel
    Ketua Komisi II DPRD Baubau, Muh Ishak Zuhur menyegel ruang pimpinan dewan. Penyegelan tersebut dikarenakan sejak pekan ini, ketiga pimpinan tersebut tidak berkantor dan belum mendandatangan surat yang diajukan Komisi II terkait aspirasi masyarakat soal kelangkaan semen di Kota Baubau.
    Ishak mengatakan, penyegelan ruang unsur pimpinan DPRD itu merupakan akumulasi dari kekesalan dan kekecewaan terhadap Ketua, Hasidin Sadif dan Wakil Ketua, La Ode Yasin Mazadu, dan Aris Marwan Saputra yang hingga kemarin belum berkantor. Padahal banyak hal yang harus diselesaikan dan dibahas bersama unsur pimpinan terkait aspirasi rakyat yang diwakili.

7 Februari
AS Tamrin Lepas Jabatan KAPTI-Agraria Pusat
    Drs Teddy Rukfiadi, Kakanwil BPN Provinsi Jawa Barat akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat KAPTI-Agraria periode 2012-2015 menggantikan AS Tamrin pada perhelatan Munas KAPTI-Agraria di Kota Bandung, pekan lalu. Pria yang hobi bermain musik ini terpilih secara aklamasi, setelah salah satu kompetitornya Drs Safirman, Kakanwil BPN Lampung mengundurkan diri dari bursa pencalonan. Hal ini dikarenakan Safirman MM merasa Drs Teddy Rukfiadi lebih pantas untuk memimpin KAPTI kedepan.

10 Februari
-Dirut Pertamina Resmikan TT BBM Baubau
Tercanggih di Intim, Masa Pemeliharaan Setahun
   
Peresmian Terminal Transit BBM tercanggih di kawasan Indonesia Timur (Intim) dilakukan Direktur utama PT Pertamina (Persero), Karen Agustiawan. Turut hadir dalam peresmian tersebut Jajaran direksi Pertamina, Gubernur Sultra Nur Alam, dan jajaran Muspida Sultra, Walikota Amirul Tamim beserta Muspida Pemkot digelar  di alun-alun Depot PT Pertamina Sulaa, kemarin.
    PT Pertamina (Persero) secara resmi mengoperasikan Terminal Transit (TT) BBM Baubau, Sultra. Fasilitas utama TT BBM Baubau terdiri dari dermaga BBM 35.000 dead weight tons (DWT) dan 6500 DWT untuk loading, unloading, dan bunkering. Plus tangki BBM berkapasitas 100.000 KL, terdiri dari produk solar dan premium. Menelan investasi sekitar US $40 juta yang terdiri dari investasi berdenominasi rupiah sebesar Rp 208,47 miliar dan dolar senilai US$ 16,97 juta. Diharapkan dapat meningkatkan kehandalan pasokan serta mengurangi biaya distribusi BBM di Wilayah Sulawesi.

12 Februari
Hasil Verifikasi, Buteng dan Busel Layak Mekar
-Sjafei Kahar jadi Ketua Forum Percepatan
    Kabar gembira bagi pimpinan DPRD Buton dan masyarakat Buton Tengah (Buteng) dan Buton Selatan (Busel). Pasalnya, DPR RI sudah menyetujui pemekaran dua kabupaten pendukung pembentukan Provinsi Sultra Kepulauan tersebut.
    Hal tersebut seperti diungkapkan, Wakil Ketua DPRD Buton, Aliadi SPd kepada koran ini via telepon selularnya dari Jakarta, kemarin. ‘’Pimpinan DPRD Buton mendapat informasi berharga, bahwa DPR RI sudah menyetujui pemekaran Buteng dan Busel,’’ katanya diujung telepon didampingi Hasmin Ilimi, Ketua Komisi I DPRD Buton, yang juga legialator Partai Golkar itu.

16 Februari
KPU Sultra Tunjuk Pengganti La Biru Cs
    Setelah melalui proses panjang, akhirnya KPU Sultra menelurkan lima komisioner KPU Buton yang baru pengganti La Biru Cs. Masing-masing, Muhammad Rusli Sain AMa, Alimuddin SPd, La Rusuli SH, Yusna SP, dan Tarno SPd.

28 Februari
Kantor DPRD Kembali Dipalang
-Salim: Pembayarannya Masih Terjanggal di Keuangan
    Lahan kantor DPRD Buton kembali dipalang pemilik tanah. Padahal sesuai mediasi dengan pihak Pengadilan Negeri Pasarwajo, lahan tersebut sudah dibayarkan sampai akhir Februari ini.


MARET

19 Maret
-Jelang PSU Buton
Komisioner KPU Belum Lengkap
    "Memang dengan empat anggota ini, tahapan PSU tetap jalan, tapi yang kita harapkan dari anggota yang empat ini tidak ada yang berhalangan, karena kalau ada yang berhalangan, pleno tidak bisa berjalan, sebab kalau hanya tiga yang hadir itu tidak bisa korum rapatnya," La Rusuli, Ketua KPU Buton.

23 Maret
-Keputusan MK
KPU Diperintahkan PSU 22 Mei
    "KPU Buton meneruskan pelaksanaan verifikasi yang telah dilakukan dengan membuat surat ketetapan hasil verifikasi dan menetapkan pasangan calon perseorangan yang memenuhi syarat, serta melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual ulang terhadap pasangan calon yang diusulkan partai politik," M. Akil Mochtar, Hakim Konstitusi.

27 Maret

Mahasiswa Nekat
-Minta SPBU Gratiskan BBM
    Demo kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, Selasa (27/3), mahasiswa Baubau meminta kepada pihak SPBU untuk menggratiskan BBM selama sehari kepada masyarakat. Namun, upaya para mahasiswa tersebut dicekal aparat kepolisian dan TNI yang bersenjata lengkap di luar dan di dalam SPBU Betoambari, milik H Baa.

28 Maret
Pembangunan PLTU Dihentikan
-Karyawan Perusahaan Diusir
    Karena tak kujung diberikan Kopensasi atau aganti rugi lahan oleh pihak perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), masyarakat Tolandona (28/3) mendatangi lokasi tempat pembangunan PLTU di Kahia Sangia Wambulu.


APRIL
2 April
Jadwal PSU Buton Dipercepat
-Dijadwalkan 19 Mei
    BAUBAU - Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilukada Buton akan dilaksanakan lebih cepat dari rencana sebelumnya tanggal 22 Mei. Sesuai jadwal tahapan yang sudah diplenokan komisioner KPU Buton, PSU akan dihelat 19 Mei mendatang.

4 April
H Kamaluddin: Jangan Bupati yang Disorot
    Tudingan Lembaga Wakatobi Information Agency (Waina) terhadap kinerja Pemkab, ditanggapi Kadis PU Wakatobi, H Kamaluddin. Menurutnya, tidak tepat bila Bupati Hugua yang disalahkan, karena pekerjaan proyek tersebar disejumlah instansi teknis. 


13 April
Data Base K1 Dibatalkan
    DPRD Kabupaten Buton menyatakan date base kategori pertama (k1) yang diumumkan beberapa waktu lalu sarat dengan manipulasi data karena ditemukan adanya tenaga magang yang lulus K1 padahal tidak pernah magang. Karena itu, melalui rapat dengan pendapat bersama para kepala SKPD dan seluruh tenaga honorer, penungumuman tersebut dinyatakan terbukti bermasalah. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD BUton, Saleh Ganiru SAg, usai dengar pendapat, kemarin.

22 April
-Kado HUT Buton ke-53 dan Kota Pasarwajo ke-8 
Nasruan: Jangan Sampai Buton Tertinggal

27 April
-PSU Buton Tujuh Pasang
Enam dari Parpol, Satu Independen
   

MEI

3 Mei
Mobil Gubernur Dipalang
-Dari Kabena, Nur Alam ke Talaga
    Kendaraan yang ditumpangi Gubernur Sultra, Nur Alam  dihadang puluhan  warga Kelurahan Lambale dan Barisan Aliansi Pemuda Pelajar Mahasiswa Kabaena.  Mobil bernomor polisi DT I F ini dihadangan di tengah jalan usai menghadiri rapat dengan pihak investor di Kantor Kelurahan Lambale, Kecamatan Kabaena Timur, Rabu (2/5).

14 Mei
Warga Wolio Tewas Dibunuh
-Luka Tusuk di Bahu Tembus Jantung
    warga yang tingal di eks Pasar Sentral Kota Baubau digegerkan penemuan mayat. Diketahui, mayat tersebut Al Amin Malik alias Krimon (35), Warga Kelurahan Tomba, Kecamatan Wolio yang juga tinggal tidak jauh dari lokasi kejadian. Kapolres Baubau, AKBP Daniel Adityajaya SIk melalui Kasat Reskrim AKP Lerry Tutu SIk membenarkan kejadian tersebut.

20 Mei
Oemar-Bakrie Menang Satu Putaran
-Indo Barometer: AYO Sempat Memimpin
    Berdasarkan data yang dilansir tiga lembaga survei, Pemilihan Suara Ulang (PSU) atau Pilkada Ulang Buton yang digelar akhir pekan lalu, pasangan Samsu Umar Abdul Samiun SH dan Drs La Bakri MSi atau dikenal dengan sebutan Oemar-Bakrie menang satu putaran.
    Direktur Komunikasi dan Media Analisis PT Lingkaran Jurnal Indonesia (LJI), Dedi Alamsyah menguraikan hasil hitung cepat yang dilakukan institusinya, Oemar-Bakrie 35,86 persen, unggul dari Agus Feisal-Yaudu Salam Ajdo (AYO) 32,17 persen, disusul DR Azhari-H La Naba Kasim (Gema Azan) 19.84 persen, Uku-Dani 5.75 persen, Yasin Wilson-Abdur Rahman 5.59 persen, Ali La Opa-La Diri 0.79 persen, Djaliman Madi-Saleh Ganiru 0,43 persen.

25 Mei
Keberatan IMAM-SALEH tidak Sah
-Djaliman Merasa Dikhianati
    Keberatan Hasan Adia dalam pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Suara Ulang (PSU) Buton, Selasa (22/5) berbuntut panjang. Pasalnya Djaliman Mady sebagai pihak yang menerima undangan dari KPUD tidak pernah mengeluarkan mandat kepada seorang pun sebagai saksi untuk menghadiri pleno rekpitulasi dan pleno penetapan bupati terpilih.


JUNI

4 Juni
-Rapimcab DPC PPP Baubau Usung Calon Walikota
Amril Tamim Aklamasi
    Tujuh PAC PPP Baubau secara aklamasi merekomendasikan Mz Amril Tamim untuk diusung menjadi calon Walikota Baubau periode 2013-2018, dalam acara Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Baubau yang digelar di Nirwana Beach Village. Tujuh PAC itu datang dari Kecamatan Murhum, Betoambari, Wolio, Sorawolio, Kokalukuna, Bungi, dan Lea-Lea.

10 Juni
-HUT Radar Buton ke-4
Tahun Ini Bangun Gedung Percetakan
    Jalan Sehat memeriahkan HUT Radar Buton ke-4 berlangsung meriah. Ribuan warga Baubau tumpah ruah mengikuti acara yang dimulai sekitar pukul 06.30 Wita tersebut.

11 Juni
-Sidang Perdana Pembunuhan Safaruddin
Keluarga Korban Histeris
    Dalam sidang pertama, tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan para terdakwa secara bertahap. La Jina merupakan terdakwa pertama dihadirkan dihadapan majelis hakim yang dipimpin Sutarno SH MH untuk mendengarkan dakwaan JPU.
    Setelah pembacaan dakwaan terhadap terdakwa La Jina, tim JPU menghadirkan tiga terdakwa lain, Mustamin alias Jinu, Adi alis Adi (23) dan Inrafi alias Mako (29). Setelah sidang dakwaan ketiganya, jaksa lalu menghadirkan terdakwa terakhir, La Ode Maman alias Maman.

27 Juni

Pembunuhan di Kanakea Seret Tersangka Baru
-Jaksa Terima Tahap Dua di Lapas
    Adalah La Ode Yamin alis Yanteks menjadi TSK ke enam yang ditetapkan penyidik kepolisian. Bahkan berkasnya telah dinyatakan lengkap atau P21.(bersambung)