Minggu, 13 Januari 2013

Bara di Muna

BEBERAPA waktu lalu, publik prihatin dengan terganggunya Kamtibmas di Kabupaten Muna.

Berawal dari perkelahian antar lorong yang berujung jatuhnya korban jiwa, dampaknya berimbas ke mana-mana. Akhirnya, langkah masyarakat Muna menjadi pendek. Mereka tidak berani beraktifitas malam hari, karena khawatir menjadi korban.

Apalagi, konflik yang dibakar emosi tersebut tidak lagi menggunakan nalar sehat. Tidak lagi pilih merek, kalau dipandang ada orang yang mencurigakan gerak-geriknya, maka siap-siap menjadi korban.

Semakin kehilangan nalar sehat, bila tindakannya dilakukan ketika akal tak berfungsi. Karena bisa jadi, saat tindakan diambil, pelakunya dalam penguasaan Miras. Inilah yang semakin memperkeruh suasana.

Bila menilik akar masalahnya, memang salah satu penyebabnya Miras. Inilah yang memantik api masalah semakin berkobar.

Maka itu, kita perlu mengapresiasi tindakan tegas Kapolres Muna, AKBP Sempana Sitepu. Aparatnya terus melakukan operasi hingga malam hari, dan membubarkan kumpulan pemuda yang duduk-duduk sambil mereguk Miras.

Memang Miras nenek moyang kejahatan. Cara untuk memadamkan bara di Muna dengan menindak tegas pelaku Miras ini patut diacungi jempol. Hal tersebut merupakan upaya prefentif untuk mencegah timbulnya kejahatan.

Dengan kata lain, Polisi jangan terlalu mengandalkan upaya kuratif. Karena bila hal tersebut dilakukan, biasanya sudah memakan korban.

Hanya saja, kita berharap tindakan Polsi ini tidak bersifat layaknya "Pemadam Kebakaran", sifatnya "panas-panas tahi ayam". Dilakukan ketika timbul masalah, namun ketika masalah selesai, hal tersebut tidak lagi dilakukan.

Harapan publik, Kamtibmas yang sudah mulai terawat bisa terus terjaga. Karena kalau terganggu, yang rugi masyarakat sendiri.

Selain dari pihak Polisi, Pemkab Muna juga harus turun tangan. Misalnya dengan menumbuhkan iklim investasi dan menggiatkan aneka iven untuk menyibukkan masyarakat kepada hal-hal yang positif.

Kemudian, tidak kalah pentingnya, masyarakat tidak mudah terpancing. Apalagi sampai mengambil tindakan sendiri untuk menyelesaikan masalah. Jangan sampai terjadi.

Alhasil, bila formula ini yang diambil, kita yakin bara di Muna akan padam total.(***)