Minggu, 20 Januari 2013

Hal yang Biasa

PELANTIKAN pasangan Walikota-Wawali Baubau yang baru, AS Tamrin dan Maasra Manarfa (Tampil Mesra) sembilan hari lagi. Transformasi kepemimpinan di Baubau, dari Amirul Tamim ke pasangan Tampil Mesra bakal segera terjadi.

Bagi sebagian orang, hal ini mungkin dianggap sebagai hal yang luar biasa. Apalagi di kalangan birokrasi, khawatir jangan sampai jabatannya sekarang hilang.

Ditengah kegalauan birokrasi ini, menarik untuk meresapi kalimat Walikota Baubau Amirul Tamim dalam upacara Hari Kesadaran Nasional, Kamis (17/1) lalu di Palagimata. Dia menyatakan: pergantian pemimpin adalah hal yang biasa, bukan luar biasa.

Betul, hal yang biasa. Maka itu, harusnya dilalui dengan sikap mental sewajarnya.

Birokrasi, jangan menganggapnya sebagai "Hari Kiamat". Sebab siapa pun pemimpinnya, hendaknya dalam menakhodai Baubau harus menggunakan kompas yang benar agar tidak salah arah.

Walau, faktor pengganggu yang justru dari lingkaran sendiri biasanya paling dominan mempengaruhi, kadang lebih berpengaruh dibanding yang punya kuasa. Maka itu, sang pemimpin harus kuat iman dalam memegang amanah.

Sebab, mandat yang diberikan rakyat melalui pesta demokrasi butuh pembuktian. Apalagi, Walikota Amirul sudah menyatakan agar seluruh PNS mendukung walikota baru, seraya berharap agar pemimpin baru lebih baik lagi.

Harapan lebih baik itulah yang harus diwujudkan Tampil-Mesra. Sebab selama 10 tahun Baubau dibawah kendali Amirul, rakyat relatif sudah merasakan kepuasan. Walapun harus disadari, sebagai manusia tentu masih ada celanya.

Nah, untuk memberikan kepuasan rakyat, maka Tampil Mesra harus mampu bertransformasi menjadi pemimpin rakyat, milik masyarakat. Bukan milik satu golong, apalagi hanya milik tim suksesnya saja.

Ingat, tugas berat memimpin Baubau sudah menunggu. Laksanakan amanah dengan kreasi dan inovasi agar masyarakat puas.

Hanya dengan karya nyata seorang pemimpin dicintai rakyat. Hanya dengan karya nyata yang akan menjadi pena, mencatat mereka dengan tinta emas sejarah Kota Baubau.(***)