Minggu, 12 Mei 2013

Teropong 100 Hari Kerja TAMPIL MESRA dari PU (2)

Harus Lebih Cantik dari Kabupaten, Bangun Kantor Kembar di Palagimata


PALAGIMATA tidak hanya akan menjadi lokasi Kantor Walikota Baubau, di sana bakal dibangun kantor kembar. Berikut penuturan Kadis PU, Abdul Rahim SE kepada wartawan Buton Pos, Irwansyah Amunu.


Laporan: Irwansyah Amunu



---Program unggulan apa yang bisa dilakukan dalam tahun ini, terkait dengan aspek Ke-PU-an? Apalagi dalam strategi empat pilar pembangunan Baubau, salah satunya infrastruktur. Artinya salah satu pilarnya di PU?


Untuk tahun ini secara fisik, tentu saya harus melaksanakan mau atau tidak mau melaksanakan amanah APBD 2013, yang ditetapkan tahun 2012. Nah itu terdiri dari beberapa peningkatan jalan, beberapa pembukaan jalan baru, pembangunan jembatan, ada pembangunan fasilitas air bersih, dan setelah kami evaluasi, programn kegiatan yang benar-benar menyentuh dan berpihak pada masyarakat akan segera kami laksanakan.

Tetapi bagi program-program atau kegiatan yang kami nilai tidak menyentuh langsung masyarakat akan kita pending, nah terkait dengan kegiatan-kegiatan yang akan kita laksanakan ini
, kami juga sudah melakukan langkah-langkah dan hari ini masih dalam tahap penyusunan desain perencanaan. Insya Allah pada akhir bulan ini sudah selesai, sehingga mulai pada bulan enam, mulai eksyen fisiknya. Jadi masyarakatnya bisa memahami ini, prosesnya ini harus berjalan, tidak bisa kami dengan 100 hari langsung mau melaksanakan kegiatan-kegiatan fisik.



---Ada mekanisme?


Ya ada mekanisme, ada proses. Dan ini sudah kami kawal. Insya Allah pada bulan enam nanti kami mulai dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya fisik.

Tentang ada grand strategi untuk ke depan, saya juga beberapa hari lalu sudah melontarkan ide-ide saya, bahwa Kota Baubau ini adalah kota dan wajahnya harus lebih cantik dari kabupaten. Oleh karena itu maka saya sudah merencanakan untuk tahun 2014 nanti kami akan membangun kantor kembar di Palagimata. Yang hari ini sudah ada kantor walikota dan saya akan mencoba mengusulkan kepada pimpinan saya dan kepada DPRD, pembangunan kantor DPRD yang representatif.

Kasihan lho kalau lihat kantor DPRD Kota Baubau. Coba kalau misalnya jalan-jalan di Pasarwajo, Kabupaten Buton lihat kantor DPRD-nya begitu megah, didukung dengan fasilitas yang memadai
, kita bagaimana?
 Oleh karena itu, maka konsen kita juga moga-moga ini tahun 2014 kita akan bisa merencanakan pembangunan kantor DPRD yang representatif dan megah.



---Melanjutkan APBD yang ketuk palu tahun kemarin, bagaiman kaitannya dengah Islamic Center? Apakah bisa diselesaikan tahun ini? Atau belum dituntaskan?


Di dalam program kegiatan kita tahun
2013 juga ada kegiatan kami dalam rangka penyelesaian islamic center, ada porsi sekitar Rp 3 miliar lebih, dan memang itu akan segera kita realisasikan.



---Artinya PU ini menjawab program kerja yang dicangkan TAMPIL MESRA, disamping itu dan disisi lain ada kontinuitas, kesinambungan?


Ya, kontulitas, kesinambungan.




--Tahun 2013, intinya dalam 100 hari kerja PU sudah melakukan penguatan-penguatan agar mengikuti dan bisa memberikan dukungan kuat terhadap visi misi TAMPIL MESRA. Apakah sudah bisa dipikul beban itu?


Saya yakin, jadi melalui konsolidasi staf yang bagus, hari ini saya melihat kami sudah kompak dan sangat siap untuk bisa merencanakan. Bisa meletakkan dasar-dasar perencanaan yang bagus, tentu didukung dengan survei dan pendataan. Dalam rangka menyajikan data base yang betul-betul bagus untuk menentukan skala-skala priritas pembangunan di 2014.

Itu tadi baru dalam konteks survei dan bina marga, nah ini yang banyak kegiatan kami justru di bidang cipta karya. Yang pertama-tama yang harus kami lakukan kaitannya dengan pemanfaatan RUsunawa untuk adik-adik mahasiswa.

Jadi hari ini sementara dipersiapkan kelembagaannya. insya Allah sudah ada Pak Walikota sudah bisa disahkan kelembagaannya dan beberapa hari ini kami sudah melakukan pertemuan dalam rangka percepatan pemanfaatan Rusunawa ini dengan yang mewakili Kemeterian Perumahan, instansi terkait, ditambah dengan PDAM dan PLN, dalam rangka untuk mendukung penerangan dan air bersih.

Ketika kelembagaannya sudah ada, PDAM akan segera masuk dengan listriknya tentu saja, sehingga harapan kita pada akhir bulan lima ini atau pertengahan bulan enam, sudah bisa kita dimanfaatkan. Rusunawa itu ada 98 kamar, masing-masing kamar empat orang berarti kita bisa menampung adik-adik mahasiswa kurang lebih 400 orang.



--Rusunawan yang baru di Wameo?


Sudah terhuni tinggal kami akan menyempurnakan manajemennya.



---Bagaimana dengan Rusunawa baru, dua twin blok di Kotamara?


Yang baru, kami sudah membangun komunikasi dengan pelaksananya, harapan kita bahwa akhir Mei selesai dan segera akan kami manfaatkan. Oleh karena itu maka nanti diperubahan anggaran kami akan mengusulkan tentang anggaran listrik dan airnya karena itu sharing kita.


----Tahun ini dimanfaatkan?

Insya Allah. Insya Allah.(***)