Minggu, 11 Agustus 2013

Pesan Fitri untuk Adipura

PEMKOT Baubau berencana merebut Piala Adipura. Suatu target yang realistis mengingat umur Kota Semerbak sudah melewati satu dekade sebagai daerah otonom.

Pencapaian Adipura sebetulnya bukan hal yang mustahil. Pasalnya, sejumlah elemen elementer untuk meraih Adipura sudah dimiliki eks pusat Kesultanan Buton ini. Mulai dari sarana sanitasi, fasilitas kebersihan dan infrastruktur lainnya.

Terbukti, tahun ini Baubau sudah mengantongi Piagam Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup RI. Tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan piala.

Apalagi, target pencapaian anugerah Piala Adipura sudah ditabuh Walikota Baubau, AS Tamrin. Mestinya, semangat ini menjalar kepada seluruh kabinetnya, birokrasi, dan stakeholder lainnya. Terutama, masyarakat sebagai objek penting harus turut merasakan dan ambil bagian.

Untuk menghubungkan antara kepentingan pemerintah dan masyarakat, pihak Dinas Kebersihan harus berada di garda terdepan. Dengan demikian apa yang dikomunikasikan pemerintah sampai ke masyarakat.

Sayangnya, peran ini belum terlihat secara riil. Terbukti, publik di Metro Baubau banyak yang mengeluhkan kinerja Dinas Kebersihan. Bisa dilihat dengan wajah Kota Baubau yang kurang terurus akibat sampah yang berserakan dan ruang publik yang tak terurus. Satu bukti, lihat saja rumput yang tumbuh liar di Kotamara.

Memang bicara kebersihan tidak sepenuhnya menyalahkan Dinas Kebersihan. Tapi yang terpenting adalah bagaimana merubah prilaku masyarakat agar menjaga kebersihan. Namun kembali lagi semuanya itu butuh teladan. Butuh sentuhan dari tangan lain di luar masyarakat, dalam hal ini Dinas Kebersihan.

Maka itu, untuk mencapai target Adipura tersebut, mulailah optimalkan kinerja Dinas Kebersihan. Toh, bicara kebersihan adalah pesan fitri, pesan fitrah manusia yang bersumber dari religi melalui pesan: Kebersihan adalah sebagian dari iman.

Nah, dengan demikian hal itu sebenarnya lebih mudah disentuh. Apalagi fasilitas penunjang di Baubau sudah memadai, termasuk sampai di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) moderen yang terbangun di Baubau.

Jadi, mari jadikan target Adipura sebagai spirit yang berisi: Pesan Fitri untuk Adipura. (follow twitter: @irwansyahamunu)