Senin, 11 November 2013

Efek Baubau Tampil

MESKI sempat beberapa kali diundur, Sabtu (9/11) lalu, akhirnya Baubau Tampil 2013 dibuka secara resmi oleh Walikota Baubau Drs H AS Tamrin MH. Sejak sore ribuan warga Kota Baubau menghadiri iven tahunan yang terselenggara atas kerjasama antara Pemkot dengan Buton Pos tersebut.

Puncaknya, pada malam hari, aliran masyarakat yang berdatangan menuju Kotamara, lokasi Baubau Tampil membludak. Masyarakat menyemut menghadiri hajatan yang mempromosikan hasil pembangunan Baubau setahun terakhir.

Efek Baubau Tampil kali ini memang begitu terasa. Sebab menjadi penghapus dahaga hiburan bagi warga Metro Baubau. Apalagi, dalam setahun ini bisa dikatakan iven ini merupakakan satu-satunya agenda yang mengandung unsur hiburan plus edukasi bagi warga untuk mengukur kinerja kabinet Tamrin-Maasra.

Maka itu, setiap SKPD lingkup Kota Baubau tampil habis-habisan untuk mempromosikan instansinya masing-masing. Mulai dari BUMD, kecamatan, badan, dinas, dan jawatan lainnya. Termasuk instansi vertikal seperti KPP Pratama Baubau juga mengisi stand yang disediakan.

Bukan hanya itu, dunia usaha juga berlomba-lomba ambil bagian. Mulai dari catering, oprator seluler, hingga elektronik ikut. Pratis, 60 stand yang disediakan panitia nyaris terisi semua.

Selain peserta, efek Baubau Tampil bisa dirasakan dari antusiasme penonton. Parkir kendaraan yang berjejer nyaris memenuhi setiap ruas tepi jalan di Kotamara. Berlapisnya kendaraan yang menepi tersebut membuat alur lalulintas disana macet.

Tak hanya itu, pedagang kaki lima juga berduyun-duyun ke Kotamara. Omzet yang mereka raih tentu meningkat pesat. Secara totalitas, dari seluruh dunia usaha dan pelaku ekonomi lainnya yang terlibat di Baubau Tampil, sektor riil yang berputar dalam semalam nilainya miliaran rupiah.

Tak salah bila Baubau Tampil memang merupakan hajatan yang dirindukan masyarakat. Iven itu sejalan dengan karakter kota yang mengandalkan sektor perdagangan dan jasa. Jangan heran bila acara ini telah teragenda empat tahun berturut-turut, tiga kali sebelumnya pada masa Walikota Amirul, dan kali ini Tamrin-Maasra.(follow twitter: @irwansyahamunu)