Kamis, 02 Januari 2014

Optimisme 2014 dari Batam (2): KORAN TULANG PUNGGUNG

Catatan: Irwansyah Amunu



HARI pertama rapat kerja akhir tahun, Kamis (26/12) lalu, dibuka dengan petuah dari sesepuh Jawa Pos Grup, Alwi Hamu. Pendiri Harian Fajar ini mengaku akan melebarkan sayap usaha hingga ke bidang perminyakan.

Bukan itu saja, sejumlah usaha lain juga bakal disentuh. Namun demikian disadari dari semuanya, koran merupakan tulang punggung.

Dibuktikan, beberapa waktu lalu, Harian Rakyat Merdeka di Jakarta hendak menarik masuknya investor dari luar. Setelah dikalkulasi, sahamnya dia naikan hingga tiga kali lipat untuk dijual ke sang pengusaha. Betapa kagetnya, ketika penguasa tersebut membuka harga, yang disebutnya angka 20 kali lipat dari nilai yang telah naikkan tiga kali tadi.

Melihat kenyataan itu, alhasil Rakyat Merdeka sahamnya urung dijual. Disadari, mengapa pengusaha itu rela menggelontorkan uang hingga puluhan miliar rupiah karena koran memiliki nilai intangible (tak berwujud).

Kedua, ditengah derasnya konvergensi media cetak ke dalam bentuk lain, seperti on line, tapi tak menggerus perkembangan oplah koran. Bahkan sebaliknya, media on line mulai mengalami stagnasi pertumbuhan, parahnya ada pula yang mundur.

Maka tidak salah Alwi Hamu menegaskan: koran, 100 tahun ke depan masih bisa hidup lagi. Hanya saja yang perlu dilakukan, mendesain isinya agar lebih menarik dan bermutu.  

Maka itu, sejalan dengan tema Rapat Kerja: Kerja Keras, Tumbuh Bersama dalam Kebersamaan, menjadikan tahun 2014 sebagai tantangan untuk beranjak naik. Apalagi 2014 tahun politik, tentu belanja iklan kampanye di media pesat peningkatannya.

Nah, berkaitan dengan itu, Harian Buton Pos juga terus mempertahankan komitmen untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pembaca setianya. Terbukti, mulai tahun ini kami telah meredesain perwajahan, memperbaiki mutu pemberitaan, dan membuat rubrikasi halaman sesuai kebutuhan pembaca.

Hal itu kami lakukan agar Buton Pos selalu berada setia di hati pembacanya. Karenanya semangat kami, 2014 adalah tahun imaginasi. Mengutip komentar ilmuan ternama Albert Einstein: Logic will get you from A to B. Imagination will take you everywhere. (Logika akan mengantarkan anda dari A ke B. Imaginasi akan menghantarkan anda kemana saja).

Semoga dengan motivasi itu Buton Pos semakin meneguhkan posisinya sebagai Koran Paling Berpengaruh di Buton Raya. Aamiin.(follow twitter: @irwansyahamunu)